MSFC | Malang Street Fire Community

Komunitas Honda CB150R Street Fire Malang

Kenali Aki dari kode aki

No comments

Mencari aki pengganti adalah hal yang gampang-gampang susah mas bro. Dikarenakan banyaknya merk dan jenis aki yang beredar dan di jual dipasaran. Ada beberapa macam tipe, variasi harga dan seabreg merk aki. 

Masalahnya adalah jika kita salah memilih aki bisa berabe. Pertama, performa mesin dan perangkat kelistrikan bisa jadi tidak optimal. Disebabkan aki menjadi bagian penting dari sepeda motor modern. Banyak perangkat kelistrikan berjenis tegangan DC yang digunakan pada motor. Seperti lampu, bel, indikator, starter, CDI dll. Terlebih jika motor memakai perangkat injeksi elektronik, sensor-sensor, ECU, injector, hingga fuel pump butuh suplai listrik yang bagus untuk bisa bekerja secara maksimal. 

Makin pusing ketika motor sudah dimodifikasi seperti ganti lampu HID, bel suara mobil, tambahan lampu-lampu variasi. Aki pengganti yang dipilih juga butuh syarat yang lebih. Kita bisa mengenali aki dari kode-kode yang ada pada aki, yang tertera di badan aki. Kode-kode tersebut penting ketika kita akan berencana mengganti aki.

Dari tipe, kapasitas, hingga dimensi fisik aki bisa diketahui dari kode aki. Paling mendasar adalah mengerti dimensi fisik dari aki yang akan diganti. Wadah aki yang sudah di desain oleh pabrikan sesuai dengan kode aki. Dimensi tersebut mencakup panjang, lebar dan tinggi. Tanpa mengerti hal tersebut, aki pengganti yang tidak sesusai bakal kesulitan bahkan tidak bisa dipasang.

Selain itu, kode aki juga menunjukkan kapasitas aki. Paling gampangnya ikuti kode aki bawaan motor. Sebab sudah jelas ukuran fisik dan wadahnya. Dan kapasitas aki pun pasti sesuai dengan rancangan pabrikan motor.

Kapasitas ini menjadi sangat penting karena pabrikan motor telah mendisain sistem kelistrikan yang sesuai dengan kemampuan/kapasitas aki. Termasuk sistem pengisian yang terdiri dari sepul dan rectifier/regulator (kiprok), termasuk beban kelistrikan. 

Namun kapasitas aki bawaan motor bisa diganti ke yang lebih tinggi. Bisa dinaikkan kapasitasnya, tetapi hanya cukup 1 tingkat. Misalnya aki 3Ah bisa diganti aki 3,5Ah.

No comments :

Post a Comment