MSFC | Malang Street Fire Community

Komunitas Honda CB150R Street Fire Malang

Tips Memilih Sepatu Untuk Riding

No comments
Safety Gear bukan saja soal helm, sarung tangan, dan jaket, tapi juga sepatu. Selain tangan, kaki juga menjadi salah satu bagian anggota badan yang sering mengalami cidera saat terjadinya kecelakaan.
Alpinestars Fastlane Motorcycle Riding Shoes White Fluo



Oleh sebab itu, memilih sepatu untuk riding juga tidak boleh sembarangan. Anda harus memilih sepatu riding terbaik untuk meminimalisir terjadi cidera saat mengendarai sepeda motor. Tapi salah satu hal yang perlu diingat adalah sepatu untuk riding ada banyak variasinya, dan tergantung kebutuhan yang Anda perlukan. Misal saja ada sepatu balap, sepatu untuk tour, dan sebagainya.

Nah, supaya tidak salah pilih dan juga bermanfaat untuk melindungi bagian kaki saat berkendara, ada baiknya simak beberapa tips memilih sepatu riding berikut ini :


  1. Tentukan sepatu riding yang Anda inginkan. Ada yang tipe standar, sepatu balap, sepatu touring, dan sebagainya. Standar sepatu riding biasanya bentuknya cukup panjang sampai pergelangan kaki dan biasanya diperkuat. Sepatu ini juga memberikan perlindungan dari panas knalpot.
  2. Sebaiknya pilih sepatu riding yang memiliki perlindungan terhadap pergelangan kaki yang baik. Perlindungan pergelangan kaki yang baik dapat memberikan Anda kepercayaan diri saat mengendarai motor.
  3. Jika memungkinkan, pilih sepatu riding yang memiliki bantalan shifter. Biasanya jenis sepatu ini lebih nyaman dan tahan lama.
  4. Pastikan sol dan “heel” sepatu terbuat dari bahan kualitas terbaik. Heal yang baik akan memberikan Anda stabilitas dan grip dalam segala cuaca.
  5. Sepatu riding idealnya terbuat dari bahan kulit. Bahkan untuk kemampuan “nafas” yang lebih baik, beberapa sepatu riding memiliki area ventilasi yang terbuat dari bahan Gortex. Ventilasi ini penting supaya kaki Anda tetap nyaman, apalagi saat berkendara di musim panas.
  6. Pastikan daerah yang rentan cidera pada kaki memiliki bahan berlapis pada sepatu yang hendak dibeli. Biasanya, sepatu riding yang baik memiliki Kevlar di sekitar ankle dan betis.
  7. Pilih sepatu riding yang tahan air. Pasalnya, selain karena Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi, sepatu riding tahan air juga akan membuat kaki tetap kering saat mengendarai motor di musim hujan.
Nah, itulah beberapa poin yang harus dipertimbangkan sebelum membeli sepasang sepatu riding. Buat Anda yang hobi melakukan perjalanan jauh, sepatu riding ini adalah salah satu Safety Gear yang wajib dimiliki.

Sumber :www.mpm-motor.co.id

No comments :

Post a Comment